-->
logo

Labels Results No. (ex: 7)

Diberdayakan oleh Blogger.

Populer Tahun ini

Populer Minggu ini

Populer Bulan ini

Label Mobile

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Kategori Berita

Cari Berita

Like Facebook

Selasa, 29 November 2016

Salah Kunyah dan Telan Bisa Berakibat Perut Kembung

Salah Kunyah dan Telan Bisa Berakibat Perut Kembung

SEIMBANG.COM - Perut selalu saja terlihat buncit, padahal kita rajin berolahraga dan selalu menjaga konsumsi makanan. Mungkin ada penyebab lain, seperti kembung, yang membuat ukuran perut lebih besar dari seharusnya.

Kepada Daily Mail, pakar gizi terkenal di Inggris, Rhiannon Lambert, membagi tipnya buat mereka yang sering mengalami perut kembung. Apa saja saran Lambert?

#Jangan makan terlalu banyak

Makan banyak dan menjadi terlalu kenyang juga bisa membuat perut membuncit. Jika kita makan besar dan merasa tidak nyaman sesudahnya, cobalah untuk mengubah cara makan. Makan dalam porsi kecil adalah cara yang lebih baik.

Selain itu, perhatikan juga cara mengunyah. Kunyahlah makanan dengan benar, jangan terburu-buru dan langsung menelannya karena hanya akan membuat udara yang ikut tertelan makin banyak.

Jangan lupakan pula, beberapa jenis makanan juga bisa mempengaruhi terjadinya perut kembung, misalnya makanan yang tinggi karbohidrat dan akan menahan air dalam tubuh di setiap molekul karbohidrat.

#Konsumsi probiotik

Gas diproduksi oleh bakteri dalam usus dan menjadi penyebab terbesar terjadinya perut kembung. Begitu banyak jenis bakteri yang bersarang di usus dan beberapa di antaranya berdampak besar atas munculnya gas dalam usus. Sejumlah penelitian menyarankan kita untuk mengonsumsi probiotik untuk membantu mengurangi produksi gas dalam usus, terutama mereka yang memiliki masalah pencernaan.

#Alergi makanan

Waspadai makanan yang tidak cocok dengan perut atau menimbulkan alergi. Mengonsumsi makanan yang tidak cocok bisa mengakibatkan produksi gas berlebih, kembung, dan gejala sejenisnya.

Beberapa jenis makanan yang mungkin tidak cocok di perut adalah laktosa, fruktosa, telur, gandum, dan gluten. Jadi, sebaiknya hindarilah jenis-jenis makanan tersebut agar tidak terjadi alergi dan masalah di perut.

Komentar Pembaca

loading...